Berita Terbaru
Loading...
Friday 13 June 2014

Tips menggunakan lensa kontak

20:02
Tips menggunakan lensa kontak
Entah karena faktor kebutuhan, gaya hidup, mode atau sekedar fashion saja kini penggunaan lensa kontak cenderung meningkat.  Yang jelas kini orang-orang menggunakan lensa kontak semata bukan karena alasan medis.

Padahal banyak faktor yang harus menjadi pertimbangan sebelum anda benar-benar menggunakan lensa kontak. Alih-alih memiliki mata yang indah malah bisa menyebabkan masalah serius pada mata Anda.

Ada beberapa hal yang harus menjadi pertimbangan anda sebelum anda benar-benar memutuskan untuk menggunakan lensa kontak. Ini menjadi semacam aturan dasar perawatan mata dan setiap orang yang memakai lensa kontak harus tahu demi menjaga kesehatan mata.


  • Selalu cuci tangan sebelum memasang atau melepas lensa kontak Anda - Bayangkan berapa banyak kuman dan hal-hal buruk lainnya yang mungkin ditularkan ke mata Anda melalui jari-jari Anda. Tanpa kebersihan yang layak, anda sedang mengorbankan kesehatan mata Anda.
  • Pertimbangkan kemungkinan alergi yang terjadi

 Alergen, seperti serbuk sari atau bulu, dapat menempel pada lensa kontak Anda. Dan ini bisa menjadi masalah serius untuk kesehatan mata anda.

Gunakan tetes mata

Pelembab tetes mata harus menjadi suatu keharusan, terutama jika Anda bekerja berjam-jam di depan layar komputer. Lensa kering tidak hanya tidak praktis - ia juga akan membuat tidak nyaman -Gunakan tetes mata setiap kali Anda merasa kering. Dan pastikan pula mata anda tidak alergi terhadap obat tetes mata.

Hati-hati ketika make up

Make up yang sifatnya serbuk bisa saja partikel halusnya menempel pada lensa kontak anda. Oleh karena itu kalau memang anda tidak bisa menghalangi kemungkinan serbuk make up anda menempel pada lensa kontak anda lebih baik dilepaskan terlebih dahulu lensa kontaknya.

Perhatikan lama waktu pemakaian.

Jangka waktu pemakaian lensa kontak anda harus selalu diperhatikan karena kotoran dan zat lain yang menumpuk di lensa anda dapat menyebabkan infeksi mata, iritasi atau bahkan kerusakan permanen pada mata Anda.

Istirahatkan mata

Mata yang selalu ditutupi dengan lensa kontak tidak hanya membuat kornea mata anda sedikit tertutupi tetapi pemakaian dalam jangka waktu yang lama jelas akan mengurangi oksigen pada mata Anda. Jadi beri istirahat mata anda dengan melepas beberapa waktu lensa kontak anda.

Konsultasikan selalu dengan dokter.

Dari mulai pemilihan produk, pemakaian dan pascapemakaian produk lensa kontak yang dipilih harus selalu dikonsultasikan dengan dokter ahli mata yang anda percayai. Hal ini penting untuk kesehatan mata anda dalam jangka panjang.

Semoga bermanfaat :-)

0 comments:

Post a Comment