Berita Terbaru
Loading...
Monday 23 June 2014

10 Prinsip dasar parenting yang baik

18:04
10 Prinsip dasar parenting yang baik
Dalam kajian ilmu sosial, parenting merupakan salah satu asfek yang paling banyak diteliti. Secara umum Parenting adalah ilmu tentang mengasuh, mendidik dan membimbing anak dengan benar dan tepat. Jadi mengasuh anak itu tidak bisa sembarangan. Ada pola dan ilmunya yang dinamakan dengan parenting. Dan hal ini perlu dipelajari dengan baik oleh para orang tua.

Laurence Steinberg seorang profesor psikologi dari temple university di Philadelphia mengungkapkan selama masa penelitian tentang topik parenting yang telah mencapai 75 tahun didapatkan bahwa orag tua dapat mencegah segala macam masalah perilaku anak dengan menguasai parenting yang tepat dan baik. Dan dapat menjadikan anak berkembang menjadi manusia yang lebih baik dan lebih percaya diri.

Pengasuhan yang baik membantu memupuk empati, kejujuran, kemandirian, pengendalian diri, kebaikan, kerja sama, dan keceriaan, kata Steinberg. Hal ini juga mendorong keingintahuan intelektual, motivasi, dan keinginan untuk mencapai. Ini membantu melindungi anak-anak dari mengembangkan kecemasan, depresi, gangguan, perilaku anti-sosial, dan alkohol dan penyalahgunaan narkoba.


Pada dasarnya hubungan orang tua dengan anak nya akan tercermin dalam tindakan anak - termasuk masalah perilaku anak. Jika Anda tidak memiliki hubungan yang baik dengan anak Anda sudah hampir bisa dipastikan anak anda tidak akan mendengarkan Anda. Laiknya anda berhubungan dengan orang dewasa. Orang tidak akan respek dan percaya terhadap anda jika anda tidak membangun hubungan baik terlebih dahulu dengan mereka. Anda pun tentunya akan mengabaikan pendapat orang lain jika orang tersebut belum anda kenal kepribadian dan kedudukannya, iya kan?? :-)

Steinberg dalam bukunya "The Ten Basic Principles of Good Parenting" mengungkapkan 10 prinsip dasar parenting yang harus diperhatikan bagi siapa saja yang berhubungan dengan anak-anak - pelatih, guru, pengasuh, atau siapapun yang berhubungan dengan anak.

Berikut 10 Prinsip Dasar Good Parenting:

1. Anak anda adalah apa yang anda lakukan. Artinya anak adalah peniru dan pencontoh yang baik. Karenanya berilah contoh yang baik terhadap anak anda. Bukan disuruh tapi ajaklah anak anda untuk melakukan sesuatu.

2. Tidak terlalu memanjakan anda dalam segala hal. Selalu menuruti apa saja yang anak anda inginkan akan menjadi blunder bagi Anda. Anda akan sangat sulit nantinya membangun otoritas anda sebagai orang tua.

3. Terlibat dalam kehidupan anak Anda. "Menjadi orang tua yang terlibat membutuhkan waktu dan kerja keras, dan sering berarti pemikiran ulang dan menata ulang prioritas Anda. Hal ini sering berarti mengorbankan apa yang ingin Anda lakukan untuk apa yang anak Anda perlu lakukan. Berada diantara anak anda akan membangun mental maupun fisik anak anda."

4. Beradaptasi dengan baik dengan anak anda.

5. Tetapkan aturan dan tegaskan otoritas Anda. Hak dan kewajiban anda sebagai orang tua, dan mereka sebagai anak harus mulai difahamkan kepada anak anda.

6. Mendorong kemandirian anak. Mulailah secara dini supaya anak anda memiliki kemandirian dan arahkan mereka untuk membangun diri mereka sediri dengan nilai-nilai positif yang anda tanamkan terhadap anak anda.

7. Tunjukkan konsistensi Anda. Jika anda telah menetapkan aturan maka anda harus siap untuk konsistensi dengan aturan yang Anda buat.

8. Hindari cara kekerasan untuk pendisiplinan. Cara-cara kekerasan pada anak hanya akan menimbulkan traumatik tersendiri. Namun bukan berarti anda menolak utuk bersikap tegas. Keras dan kekerasan berbeda. Sesekali hukuman perlu dan wajib anda lakukan dalam mendidik anak anda untuk disiplin.

9. Jelaskan aturan dan keputusan.

10. Perlakukan anak Anda dengan hormat. Tidak ada alasan untuk orang tua untuk tidak hormat terhadap anaknya. Jika anak anda dalam posisi yang benar dan layak untuk diberikan pujian, kehormatan. Anda jangan segan-segan untuk menyanjung dan memberikan reward untuk anak anda. Maka anak anda akan lebih hormat terhadap Anda.

Demikian 10 prinsip dasar parenting.

Semoga bermanfaat :-)

0 comments:

Post a Comment