Berita Terbaru
Loading...
Tuesday 24 June 2014

Fakta ilmiah seputar kopi

22:24
Fakta ilmiah seputar kopi

Sudahkah anda minum kopi pagi ini? :-)

Yup..kopi, bagi sebagian besar pria pekerja adalah hal wajib yang tidak bisa dilewatkan dalam memulai hari yang baru. Bahkan di Amerika sana, setengah dari masayarakatnya memulai hari mereka dengan kopi.

Ada apa dengan minuman bernama kopi??

Selain rasanya yang khas dan memberikan kesegaran berbeda, kopi juga mampu menghadirkan energi positif dan semangat baru dalam memulai sebuah hari baru dan mampu merefresh setelah penat.

Berikut beberapa fakta menarik seputar kopi menurut studi terbaru:

1. Bekerja keluar setelah menenggak secangkir kopi bisa membantu penurunan berat badan.
2. Penelitian Spanyol, yang diterbitkan dalam the International Journal of Sport Nutrition and Exercise Metabolism, menemukan bahwa atlet terlatih yang minum kafein pra-latihan membakar sekitar 15% lebih banyak kalori selama tiga jam pasca-latihan, dibandingkan dengan mereka yang menelan plasebo. Dosis yang memicu efek adalah 4,5 mg kafein per kilogram berat badan. Untuk 150-pound wanita (68 kg), yang kira-kira 300 mg kafein, jumlah sekitar 12 ons kopi diseduh, sama dengan kuantitas yang biasa anda seduh di setiap pagi.

Dibawah ini juga 5 manfaat dari minum kopi


  • Peningkatan sirkulasi

Penelitian di Jepang mengungkapkan bahwa peminum kopi mengalami peningkatan 30% dalam aliran darah selama 75 menit, dibandingkan dengan mereka yang minum minuman bukan kopi. Sirkulasi darah yang lebih baik, dan oksigen yang lebih yang menunjang untuk latihan otot yang lebih baik.


  • Mengurangi nyeri otot

Para ilmuwan di University of Illinois menemukan bahwa mengkonsumsi kafein setara dengan dua sampai tiga cangkir kopi satu jam sebelum pertarungan/ olahraga berat selama 30 menit latihan dengan intensitas tinggi dapat mengurangi risiko nyeri otot dan meningkatkan daya tahan otot.


  • Meningkatkan kualitas ingatan/ memori

Sebuah studi yang diterbitkan tahun ini dari Johns Hopkins University menemukan bahwa kafein meningkatkan memori hingga 24 jam setelah itu dikonsumsi. Peneliti memberikan orang-orang yang tidak rutin mengkonsumsi kafein baik plasebo, atau 200 mg kafein lima menit setelah mempelajari serangkaian gambar. Keesokan harinya, kedua kelompok diminta untuk mengingat gambar, dan kelompok berkafein mencetak secara signifikan lebih baik. Meningkatkan otak ini dapat menjadi keuntungan nyata selama latihan, terutama ketika mereka memerlukan perlu mengingat latihan atau rutinitas tertentu.


  • Penguatan Otot

Dalam studi yang dilakukan pada hewan, para ilmuwan olahraga di Coventry University menemukan bahwa kafein membantu mengimbangi hilangnya kekuatan otot yang terjadi akibat penuaan. Efek protektif terlihat di kedua diafragma, otot utama yang digunakan untuk bernapas, serta otot rangka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam tingkat tertentu, kafein dapat membantu melestarikan kebugaran secara keseluruhan dan mengurangi risiko cedera yang berkaitan dengan usia.


  • Lebih banyak bahan bakar otot

Sebuah studi terbaru yang dipublikasikan dalam Journal of Applied Physiology menemukan bahwa sedikit kafein pasca-latihan juga mungkin bermanfaat, terutama untuk atlet yang melakukan hari demi hari. Penelitian ini menemukan bahwa dibandingkan dengan mengkonsumsi karbohidrat saja, kafein / karbohidrat combo menghasilkan peningkatan 66% pada glikogen otot empat jam setelah intens, glikogen-depleting latihan. Glikogen, bentuk karbohidrat yang akan disimpan di otot, berfungsi sebagai energi "piggy bank" penting selama latihan, untuk daya kekuatan bergerak, dan daya tahan bahan bakar. Packing cadangan yang lebih besar berarti bahwa waktu berikutnya Anda bekerja, Anda telah menaikkan kemampuan Anda untuk latihan lebih keras dan / atau lebih lama.

Namun tentunya bukan berarti anda bisa menikmati kopi sebebas-bebasnya dan sebanyak-banyaknya. Manfaat tersebut akan diperoleh dalam tingkat konsumsi tertentu yang mampu meningkatkan optimalisasi organ tubuh yang lainnya.

Silakan share jika berkenan..

Semoga bermanfaat :-)

adaptasi dari situs health[dot]com

0 comments:

Post a Comment