Berita Terbaru
Loading...
Tuesday 24 June 2014

Awas bahaya bakteri pada lensa kontak

18:57
Awas bahaya bakteri pada lensa kontak
Memiliki mata yang indah merupakan dambaan setiap orang, terutama bagi wanita. Seringkali untuk mendapatkan mata indah perempuan menggunakan bantuan lensa kontak. Lensa kontak membuat mata para wanita menjadi lebih berwarna. Alasan itulah yang membuat para wanita menggunakannya walaupun tidak memiliki gangguan kesehatan mata.

Tapi tahukah anda kini banyak beredar lensa kontak abal-abal, tiruan dan dibuat tidak berdasarkan standardisasi kesehatan yang berlaku. Akibatnya bisa fatal, produk tersebut jauh dari keamanan dan rentan terhadap bakteri yang kemungkinan bersarang di lensa kontak kualitas yang buruk.

Sebuah studi baru menemukan bahwa bakteri yang dapat menyebabkan infeksi mata serius mampu bertahan lebih lama di lensa kontak yang tidak memiliki standar kesehatan.

Peneliti melihat adanya tekanan pada Pseudomonas aeruginosa, yang dapat menyebabkan keratitis mikroba berupa peradangan dan ulserasi kornea yang dapat menyebabkan kehilangan penglihatan.

Keratitis mikrobial atau infektif disebabkan oleh proliferasi mikroorganisme, yaitu  bakteri, jamur, virus dan parasit, yang menimbulkan inflamasi dan destruksi jaringan kornea. Kondisi ini sangat mengancam tajam penglihatan dan merupakan kegawatdaruratan di bidang oftalmologi. Pada satu penelitian, keratitis merupakan  penyebab kedua terbanyak (24,5%) untuk tindakan keratoplasti setelah edema kornea
(24,8%). (hasil penelitian mahasiswa USU)

Membedakan etiologi keratitis infektif sulit dilakukan secara klinis dan  membutuhkan pemeriksaan diagnosis penunjang

Dilaporkan juga bahwa setiap tahun di Inggris, ada sekitar 6.000 kasus keratitis mikroba.

So..jangan hanya karena ingin memiliki keindahan mata tapi mengabaikan masalah kesehatan mata. Berkonsultasilah dengan dokter ahli mata jika Anda memang ingin memasang lensa kontak pada mata Anda.

Bagikan artikel ini untuk kesehatan mata saudara kita..

Semoga bermanfaat :-)

0 comments:

Post a Comment