Berita Terbaru
Loading...
Sunday 1 June 2014

Masalah pada kulit bayi dan cara merawatnya

00:45
Masalah pada kulit bayi dan cara merawatnya
Artikel kali ini merupakan lanjutan dari artikel sebelumnya tentang masalah pada kulit bayi. Silakan dibaca bagian I nya disini ya bunda Cara sederhana untuk menjaga kulit bayi tetap sehat

6. Cradle Cap

Cradle cap dapat muncul selama bulan pertama atau kedua bayi, dan biasanya akan hilang dalam tahun pertama. Juga disebut dermatitis seboroik, cradle cap disebabkan sebagian oleh minyak yang berlebihan dan muncul sebagai bersisik, lilin, ruam merah pada kulit kepala, alis, kelopak mata, sisi hidung, atau di belakang telinga. Dokter anak Anda akan merekomendasikan pengobatan terbaik untuk cradle cap, yang mungkin termasuk shampoo khusus, minyak bayi, atau krim dan lotion tertentu.

7. Biang keringat

Biasanya terjadi kaena respon kulit bayi terhadap perbedaan cuaca yang lebih panas dan menimbulkan kerigat berlebih sehingga timbul bintik kemerahan pada kulit bayi  biasanya kemerahan timbul di area leher, dada, area popok, ketiak, dan lipatan kulit.Jika ini terjadi pada bayi anda berikan pakaian longgar dan perhatikan cuaca disekitar kulit bayi anda, pemberian bedak dibolehkan untuk mnghindari gesekan pada kulit yang mungkin memperparah kemerahannya. Namun perlu Anda perhatikan partikel halus dalam bedak jangan sampai terhirup oleh bayi anda ya...

8. Infeksi jamur.

Infeksi jamur biasanya terjadi pada bayi yang sudah terkena paparan antibiotik. Kadang ia muncul di lidah dan mulut, dan tampak seperti susu kering, sedangkan ruam popok ragi merah cerah, sering dengan jerawat merah kecil di tepi ruam. Bicaralah dengan dokter anak Anda:

9. Kulit Bayi Kuning

Biasannya ibu muda panik mengetahui bay mereka terlahir dengan kulit dan mata yang menguning. Hal ini biasanya terjadi dua atau tiga hari setelah lahir, penyakit kuning adalah warna kuning yang mempengaruhi kulit dan mata bayi. Ini sering terjadi pada bayi prematur. Disebabkan oleh terlalu banyak bilirubin (produk pemecahan sel darah merah), kondisi biasanya menghilang pada saat bayi berusia 1 atau 2 minggu. Pengobatan untuk penyakit kuning dapat mencakup lebih sering menyusui atau, untuk kasus yang lebih parah, terapi cahaya (fototerapi). Jika bayi Anda terlihat kuning,lakukan konsultasi dengan dokter Anda.

10. Perhatikan saat baby Anda mandi

Ingat, kulit bayi baru lahir adalah lembut dan sensitif. Jaga kulit bayi terhidrasi dengan mandi di air hangat selama tiga sampai lima menit. Hindari membiarkan bayi Anda duduk atau bermain atau berendam lama di air sabun. Oleskan lotion bayi atau pelembab segera setelah mandi saat kulit masih basah, dan kemudian keringkan bukannya menggosok.

0 comments:

Post a Comment