Berita Terbaru
Loading...
Friday 20 June 2014

Mengatasi obesitas pada anak

18:42
Mengatasi obesitas pada anak

Dalam 5- 10 terakhir ini obesitas pada anak tidak sulit ditemukan. Entah karena pengaruh dunia yang semakin membuat anak semakin nyaman diam di rumah, duduk-duduk tanpa bermain yang sifatnya bergerak secara fisik. Atau karena pengaruh makanan yang semakin hari dibombardir dengan makan cepat saji yang sifatnya membuat ketagihan dan cenderung tidak sehat atau peran orang tua yang semakin longgar dalam pengawasan makanan dan pola hidup si anak.

Akibatnya jika anak sudah obesitas tentu akan sangat mengganggu terhadap produktifitas si anak dan anda sebagai orang tua yang pastinya akan lebih terganggu dengan disibukkan mengurus anak yang obesitas. Karena biasanya anak yang mengalami obesitas akan lebih rentan terkena penyakit dibanding dengan anak yang memiliki berat badan ideal.

Jika anda memiliki anak dengan kelebihan berat badan atau obesitas, hal pertama yang harus anda lakukan adalah memahami dan mengidentifikasi mengapa anak anda kelebihan berat badan. Anda harus mendiagnosa masalah. Hal ini perlu untuk selanjutnya dilakukan treatment yang tepat untuk anak anda.

Selanjutnya, perlihatkan di depan anak anda bagaimana pola hidup sehat, pola makan yang sehat, pola fikir yang sehat. Tuntunlah anak anda untuk juga menjalaninya. Anak akan lebih mudah menuruti dari apa yang orang tua nya juga kerjakan.

Lebih aktif mengawasi dan dalam mengajak mereka bermain. Anda harus tegas mengenai peraturan kapan dan berapa lama anak anda boleh bermain game. Bermainlah dengan anak anda supaya mereka memiliki alternatif yang lebih asyik ketimbang bermain game.

Tunjukkanlah pola makan yang sehat di hadapan anak anda. Dan tidak ada salahnya anda memberikan pengertian dan pemahaman tentang baik buruk makanan yang anda dan anak anda makan. Walaupun mungkin anda mengira anak anda belum faham tapi lakukanlah karena ini baik untuk anak anda.

Biasakan makan buah dan sayur. Terutama sayur biasanya merupakan makanan yang kebanyakan anak tidak sukai. Biasakanlah anak anda dengan makanan yang sehat dengan cara anda sedikit berinovasi dengan sayur. Dan membuat kreasi masakan sayur yang akan disukai anak anda. Ubahlah tampilan makanan tanpa harus mengurangi zat baik yang terkandung di dalamnya.

Semoga bermanfaat :-)

0 comments:

Post a Comment