Berita Terbaru
Loading...
Friday 20 June 2014

Penyebab kerontokan rambut pada wanita

17:46
Penyebab kerontokan rambut pada wanita
Ada semacam aksioma menarik seputar kerontokan rambut pada wanita. "Jika wanita terlihat saat dia botak, apalagi disaat dia punya rambut  yang bagus". Namun tentu saja hanya segelintir wanita saja bahkan mungkin yaris tidak ada wanita yang ingin berpenampilan botak. Apalagi kebotakannya timbul karena masalah kerontokan pada rambut bukan keinginan sendiri.

Yup...masalah kerontokan pada rambut bukan hanya menjadi momok yang menakutkan bagi kaum wanita saja, bahkan untuk kaum pria sekalipun kerontokan pada rambut menjadi masalah yang dapat mengganggu penampilannya. Sehingga berbagai treatment dan perawatan rambut tidak hanya milik kaum hawa saja. Silakan baca artikel kami sebelumnya tentang efektifkah obat pencegah kebotakan rambut?

Bagi kaum wanita perawatan rambut menjadi hal penting yang tidak bisa dipisahkan dari perawatan tubuh lainnya. Meskipun anda wanita berjilbab, tentu tidak ingin rambut yang anda miliki mengalami kerontokan karena pastinya akan sangat mengganggu penampilan anda di hadapan suami idaman Anda. Masalahnya adalah banyak dari wanita yang melakukan treatment yang salah pada rambut mereka. Asal pilih produk, asal pilih metode treatment dan asal  memilih salon perawatan rambut.

Kenapa tidak boleh asal-asalan dalam perawatan rambut rontok atau kebotakan paa rambut? Karena penyebab kerontokan dan kebotakan rambut sangat beragam. Dan jika anda mengetahui penyebabnya dengan pasti maka akan disesuaikan dengan jenis perawatan rambut/ treatment yang akan dijalankan.

Berikut beberapa penyebab kebotakan / kerontokan pada rambut yang harus anda ketahui.

Telogen effluvium

Salah satu penyebab yang lebih umum dari kebotakan pada wanita adalah sebuah fenomena yang disebut Telogen effluvium. Hal ini biasanya terjadi setelah peristiwa stres tertentu termasuk kehamilan, penurunan berat badan yang drastis, atau operasi besar. Bisa juga merupakan efek samping dari beberapa bentuk pengobatan.

Hypothyroidism

Penyebab lain yang lebih umum dari kebotakan pada wanita adalah Hypothyroidism. Hypothyroidism adalah hasil dari tiroid tertekan dan menyebabkan banyak perubahan dalam fungsi tubuh individu yang meliputi pertumbuhan rambut dan kesehatan.

Alopecia areata

Penyebab yang lebih jarang terjadi dari kebotakan pada wanita disebut Alopecia areata. Alopecia adalah gangguan autoimun di mana sistem kekebalan tubuh menyerang folikel rambut individu. Di Amerika Serikat penyebab ini mempengaruhi lebih dari 4,7 juta orang. Ini dapat terjadi baik pada pria maupun wanita. Penyebabnya pasti hingga saat ini belum/ tidak diketahui akan tetapi kemungkinan terbesar penyebab ini dipicu oleh stres atau sakit.

Androgenetic Alopecia

Dari kesemua penyebab diatas, alasan inilah yang paling sring terjadi yaitu alasan genetik/ keturunan. Bila Anda dilahirkan dari orang tua yang salah satunya mengalami kebotakan rambut, maka besar kemungkinan jika tidak dilakuka perawatan dini pada rambut Anda, biasanya anda akan mengalami masalah yang sama berupa kebotakan dan kerontokan rambut.

Semoga bermanfaat :-)

0 comments:

Post a Comment