Berita Terbaru
Loading...
Thursday 12 June 2014

Apa itu penyakit tinnitus

06:21
Apa itu penyakit tinnitus
Penyakit tinnitus mungkin kebanyakan orang awam masih jarang terdengar walaupun sebenarnya di Indonesia sudah banyak yang menderita gangguan penyakit tinnitus ini.

Tinnitus merupakan salah satu penyakit gangguan di bagian telinga dimana telinga terasa berdengung/ mendering secara terus menerus atau memiliki jeda waktu tertentu dan terkadang disertai jantung berdebar. Jika tinnitus ini tidak segera ditangani dengan baik maka sangat besar potensi anda mengalami tuli.

Untuk menghindari kerusakan telinga yang lebih parah dan semakin mengarah kepada kerusakan organ dalam telinga, sebaiknya anda harus segera mendatangi dokter spesialis THT di sekitar Anda untuk memastikan apakah telinga berdengung yang anda alami benar-benar tinnitus atau gangguan telinga biasa.

Menurut dokter bahwa kerusakan telinga dalam hal ini tinnitus dapat berasal dari infeksi telinga, memakai telepon telinga, bekerja di lingkungan di mana ada suara keras (seperti sebuah toko mesin), bermain di band-band keras, dan banyak tempat lainnya di mana Anda berada terpapar suara keras tanpa mengenakan pelindung telinga, atau bahkan keseringan mendengarkan musik dengan mengenakan ear phone.  Kebiasaan mengorek kuping hingga bagian dalam juga sangat berbahaya bagi kesehatan telinga anda.

Selain gangguan pendengaran, tinnitus juga bisa merangsang bagian otak yang bertanggung jawab untuk emosi. Beberapa orang akan mengalami kecemasan, depresi, lekas marah dan jenis-jenis reaksi emosional yang kuat lainnya.

Oleh karena itu segeralah pergi ke dokter jika anda mendapati teliga Anda berdengung selama berhari-hari dan tidak hilang untuk menghindari kerusakan yang lebih parah yang bakal dialami oleh telinga Anda.

Semoga bermanfaat :-)

0 comments:

Post a Comment