Berita Terbaru
Loading...
Monday 14 September 2015

Mengenal Diabetes Melitus

17:08
Mengenal Diabetes Melitus
Diabetes melitus merupakan salah satu penyakit degeneratif, yaitu penyakit akibat fungsi atau struktur dari jaringan atau organ tubuh yang secara progresif menurun dari waktu ke waktu karena usia atau karena pilihan gaya hidup. Untuk mengetahui diabetes melitus, dalam postingan kali ini akan dibahas tentang definisi diabetes melitus.

Pengertian Diabetes Melitus

Diabetes melitus adalah salah satu kelainan metabolik kronis serius yang memiliki dampak signifikan terhadap kesehatan seseorang, kualitas hidup,harapan hidup pasien, dan pada sistem layanan kesehatan. Diabetes melitus adalah kondisi dimana konsentrasi glukosa dalam darah secara kronis lebih tinggi daripada nilai normal (hiperglikemia) akibat tubuh kekurangan insulin atau fungsi insulin tidak efektif.

Penyakit ini dikenal sebagai penyakit akibat dari pola hidup modern. Prevalensi diabetes secara menyeluruh sekitar 6 % dari populasi, 90 % diantaranya diabetes type 2. 

Jumlah penderita diabetes secara global terus meningkat setiap tahunnya. Menurut data yang dipublikasikan dalam jurnal Diabetes Care tahun 2004, penderita diabetes di Indonesia pada tahun 2000 mencapai 8,4 juta orang dan menduduki peringkat ke 4 setelah India, China dan Amerika Serikat. Jumlah tersebut diperkirakan akan meningkat lebih dari dua kalinya pada tahun 2030, yaitu mencapai 21,3 juta orang.

Pengobatan dan pemeliharaan kesehatan diabetes telah menyedot dana yang sangat besar setiap tahunnya. Misalnya di Amerika Serikat, angka tersebut dapat mencapai 105 milyar dollar per tahun yang merupakan 1/10 dari nilai layanan kesehatan secara total dan 1/4 dari pengeluaran asuransi kesehatan.

Berikut data negara-negara yang diperkirakan memiliki jumlah penderita diabetes tertinggi tahun 2030: 
  1.  India dengan 79,4 juta jiwa penduduk penderita diabetes
  2. China dengan 42,3 juta jiwa penduduk penderita diabetes
  3. Amerika Serikat dengan 30,3 juta jiwa penduduk penderita diabetes
  4. Indonesia dengan 21,3 juta jiwa penduduk penderita diabetes
  5. Jepang dengan 13,9 juta jiwa penduduk penderita diabetes
  6. Pakistan dengan 11,3 juta jiwa penduduk penderita diabetes
  7. Rusia dengan 11,1 juta jiwa penduduk penderita diabetes
  8. Brasil dengan 8,9 juta jiwa penduduk penderita diabetes
  9. Italia dengan 7,8 juta jiwa penduduk penderita diabetes
  10. Bangladesh dengan 6,7 juta jiwa penduduk penderita diabetes
Sumber: Buku Ramuan herbal untuk diabetes melitus, Dr. Ir. M. Ahkam Subroto, M.App.Sc.,APU

Next
This is the most recent post.
Older Post

0 comments:

Post a Comment