Berita Terbaru
Loading...
Wednesday 11 June 2014

Waspadai pemicu alergi yang ada di sekitar Anda

00:06
Waspadai pemicu alergi yang ada di sekitar Anda
Alergi merupakan salah satu penyakit yang dapat sangat mengganggu aktifitas pengidapnya. Jika Anda terkena alergi sudah harus dipastikan anda harus selalu menjauhi faktor-faktor pemicu yang dapat mengakibatkan alergi Anda kambuh.

Seperti dilansir situs wikipedia, Alergi merupakan kegagalan kekebalan tubuh di mana tubuh seseorang menjadi hipersensitif dalam bereaksi secara imunologi terhadap bahan-bahan yang umumnya imunogenik (antigenik) atau dikatakan orang yang bersangkutan bersifat atopik. Dengan kata lain, tubuh manusia bereaksi berlebihan terhadap lingkungan atau bahan-bahan yang oleh tubuh dianggap asing dan berbahaya, padahal sebenarnya tidak untuk orang-orang yang tidak bersifat atopik. Bahan-bahan yang menyebabkan hipersensitivitas tersebut disebut alergen.

Berikut diantara pemicu alergi atau alergen yang dapat memacu alergi Anda:

  • Pengharum ruangan. Dari satu sisi pengharum ruangan sangat berguna untuk menghlangkan bau di udara yang Anda hirup. Namun bagi sebagian penderita alergi tidak seharum orang yang sehat, karena pengharum ruangan bisa saja menjadi pemicu alergi yang dialaminya. Tandanya mungkin bisa menjadi bersin-bensin atau gatal-gatal di kulitnya.
  • Cat ruangan juga bisa menjadi alergen untuk penderita alergi tertentu
  • Zat kimia yang terkandung dalam buah-buahan tertentu juga bisa menjadi pemicu alergi.  Hasilnya: mulut gatal dan tenggorokan gatal. Dalam beberapa kasus, alergi bisa menjadi lebih parah, jadi dengan alergi jika Anda mulai kesemutan setelah beberapa buah.
  • Obat Pereda nyeri. Sekitar 3% sampai 5% dari orang yang menderita asma memiliki "aspirin-sensitif", yang berarti bahwa mengonsumsi aspirin dapat memicu serangan asma parah. Salah satu pereda nyeri yang aman bagi mereka adalah acetaminophen (Tylenol).
  • Bumbu-bumbu seperti Cinnamon, bawang putih, jintan, kapulaga, dan rempah-rempah lainnya dapat membangkitkan seler makan. Tapi bagi sebagian orang, ini juga dapat memicu reaksi alergi. Dalam hal ini Kayu manis dan bawang putih adalah dua pemicu yang lebih umum dari reaksi alergi. 
  • Wine dan minuman beralkohol lainnya
  • Asap dari pembakaran
  • Kolam renang. Apalagi kolam renang umum yang digunakan oleh banyak orang dan tidak memiliki sirkulasi air yang baik akan sangat mempengaruhi terhadap penderita alergi terutama alergi kulit.
  • Dan beberapa alergen yang secara khas bisa memicu alergi untuk penderita tertentu.

Demikian faktor pemicu alergi yang ada di sekitar Anda.
semoga bermanfaat :-)

0 comments:

Post a Comment